LAYANAN YANG ADA DALAM TELEMATIKA
Teknologi
informasi dan komunikasi, pada masa sekarang tidak dapat dilepaskan dengan
telematika (cyberspace). Pada saat ini informasi sudah banyak berkembang
sedemikian rupa, hanya saja harus adanya dukungan teknologi. Teknologi
telematika yang telah berkembang sehingga mampu menyampaikan suatu informasi.
Istilah
telematika itu sendiri berasal dari bahasa Perancis “ telematique” merupakan
gabungan dua kata: telekomunikasi dan informatika. Jadi pengertian Telematika
sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan
komputer dalam sistem telekomunikasi. Yang termasuk dalam telematika ini adalah
layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada
sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah
satu contoh telematika. Menurut informasi yang berkembang, layanan telematika
digunakan dalam beberapa bidang, diantaranya yaitu :
1.
Bidang
Layanan Informasi.
2.
Bidang
Layanan Keamanan.
3.
Bidang
Layanan Context-Aware dan Event Base.
4.
Bidang
Layanan Perbaikan Sumber.
A.
Bidang Layanan Informasi
Penggabungan
dari telekomunikasi digital dan teknologi komputer untuk dapat memberikan
informasi dan sebagai sarana komunikasi masyarakat. Layanan informasi yang
diberikan harus dapat mencapat 4 pola lalu lintas informasi yaitu alokasi,
pembicaraan, konsultasi dan juga registrasi. Arus informasi yang disampaikan
harus dapat diterima oleh penerima informasi sesuai dengan informasi dari
sumber sesungguhnya, tanpa diberi “bumbu” yang mebuat informasi tersebut tak
lagi aktual.
Warung
Telekomunikasi dan Warung Internet ini secara berkelanjutan memperluas
jangkauan pelayanan telepon dan internet, baik di daerah kota maupun di desa,
bagi pelanggan yang tidak memiliki akses sendiri di tempat tinggal atau di
tempat kerjanya. Oleh karena itu langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong
pertumbuhan jangkauan dan kandungan informasi pelayanan publik, memperluas
pelayanan kesehatan dan pendidikan, mengembangkan sentra - sentra pelayanan
masyarakat perkotaan dan pedesaan, serta menyediakan layanan “e-commerce” bagi usaha
kecil dan menengah, sangat diperlukan. Dengan demikian akan terbentuk balai -
balai informasi. Beberapa contoh penggunaan layanan telematika pada bidang
informasi :
1. Warung
Telepon, Warung Internet, E-Commerce, dan Weather stock information.
Keuntungannya:
Bagi
masyarakat yang khususnya kalangan menengah kebawah dapat merasakan pemerataan
teknologi yang ada dan bagi pelajar hal ini dapat memberikan wawasan yang lebih
untuk menunjang pengetahuan mereka.
Kerugiannya:
Jika
pengawasan hak akses yang bebas tersebut tidak ada, maka masyarakat yang belum
paham betul akan hak akses yang diberikan tersebut akan menggunakannya ke arah
yang negatif yang disebebkan oleh pihak ketiga.
B.
Bidang Layanan Keamanan
Layanan
keamanan merupakan layanan yang menyediakanan keamanan informasi dan data.
Layanan itu sendiri terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses
control dan auditin. Contoh layanan keamanan yaitu:
1.
Navigation assistant, Entertainment and M-commerce, Penggunaan Firewall dan Antivirus.
Keuntungannya:
Teknologi
ini akan lebih membantu masyarakant dalam kehidupan sehari-hari, sehingga
masyarakat tersebut lebih mendapatkan informasi yang baru, sehingga akan lebih
kritis dalam malakukan tindakan, dan data informasi tersebuit pun terlindungi.
Kerugiannya:
Jika adanya
oknum yang tidak bertanggung jawab maka, sebaik apapun sistem keamanan tersbut
akan mampu ditembus olehnya. Hal ini dikarenakan adanya kesempatan atau peluang
bagi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut.
C.
Bidang Layanan Context-Aware dan Event Base
Suatu
teknologi yang disebut context-aware computing dapat memenuhi kebutuhan
tersebut dan akan menjadi trend yang penting untuk dikembangkan di masa depan.
Dengan adanya context aware maka user tidak perlu harus selalu memberi input
yang banyak secara eksplisit untuk membuat komputer menjalankan tugasnya.
Context awareness adalah kemampuan sebuah sistem untuk memahami si user,
network, lingkungan, dan dengan demikian melakukan adaptasi yang dinamis sesuai
kebutuhan. Contohnya :
1. Vehicle
Diagnostic Service, dan Car Insurance based on driving statistic.
Keuntungannya:
User atau
pengguna tersebut akan lebih merasa terbantu akan teknologi ini, karena ia
tidak perlu melakukan hal yang sama secara berulang ulang setiap harinya.
Sehingga user tersebut dapat memanfaatkan waktu yang telah digantikan oleh
teknologi tersebut menjadi waktu yang lebih berharga.
Kerugiannya:
Jika dilihat
dari sudut pandang kejiwaan dan tingkah laku, user yang menggunakan teknologi
ini, akan lebih bergantung pada teknologi tersebut, sehingga suatu saat jika
sistem tersebut mengalami gangguan, maka user tersebut akan mengalami perubahan
terhadap perilaku yang setip hari ia lakukan.
D.
Bidang Layanan Perbaikan Sumber
Layanan
perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya
manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang
berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola,
pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha,
lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya. Konsep pengembangan sumber
daya manusia di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas,
kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi
kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian
masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif
dan optimal. Contohnya :
1.
Peningkatan kinerja layanan public yang memberikan akses yang luas terhadap
peningkatan kecerdasan masyarakat, pengembangan demokrasi dan transparasi
sebagai katalisator pembangaunan.
2.
Literasi masyarakat di bidang teknologi telematika yang terutama ditujukan
kepada old generator dan today generation sebagai peningkatan, dikemukakan oleh
Tapscott.
Keuntungannya:
Masyarakat
akan memperoleh informasi yang lebih terbuka, sehingga mastarakat pun lebih
kritis dalam menyikapi infromasi yang didapat, perkembangan politik, dan
kemajuan pembangunan bangsa. Dan seluruh masyarakat akan lebih tau kesenjangan
hidup dan teknologi dikarenakan adanya literasi dalam masyarakat itu.
Kerugiannya:
Oknum-oknum
yang tidak betanggung jawab akan memanfaatkan keterbukan informasi dan haka
akses tersebut, sehingga onum tersebut akan mengadudomba masyarakat dengan
sumber atau pun informan yang telah memberikan informasi tersebut. Maka hal ini
akan menimbulkan kesalah pahaman akan informasi tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar